loading...

Roti Kanari (Kenari)


Hari ini berbagi info tentang makanan lagi ya, teman-teman. Ini salah satu kue yang saat ini aman saya konsumsi karena tidak mengandung lemak tambahan seperti, minyak, mentega ataupun margarin. Nama kuenya adalah Roti Kanari.


Menurut Mama, dulu kue ini dibuat dengan campuran kacang kenari, itu sebabnya namanya Roti Kanari karena dalam bahasa Mandar, kacang kenari disebut dengan kanari. Uppss...., ternyata saya salah dan sok tahu dalam menulis tentang Roti Kanari ini. Untung saja mba Endang memberikan komentar yang secara tidak langsung menegur saya bahwa saya salah. Terimakasih banyak, mba Endang. Duh, jadi malu nih sama mba Endang.

Jadi yang benar adalah kanari bukanlah bahasa Mandar, tapi bahasa Inggris, Canary artinya kenari dan orang Mandar menyebutnya kanari. Mudah-mudahan kali ini saya benar. Bila ternyata masih salah, mohon koreksi pembaca terutama dari mba Endang yang sepertinya tahu banyak tentang ini.

Lanjut ke Roti Kanari ya. Sekarang, seingat saya sejak makan si Roti Kanari ini, saya belum pernah makan Roti Kanari yang dicampur dengan kacang kenari, seringnya makan Roti Kanari yang dicampur kacang tanah atau tanpa campuran kacang apapun.

Roti Kanari ini dibuat dengan bahan yang sangat sederhana, yaitu tepung terigu, air gula, potas (pengembang) dan kacang tanah sangrai yang ditumbuk. Tapi, ada tapinya nih. Meskipun hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana, proses memanggangnya menurut saya tidaklah sesederhana bahannya karena kue ini harus dipanggang dengan cara khusus.


Untuk memanggang kue ini, kita masih harus menggunakan alat pemanggangan tradisional, seperti tungku tanah liat, loyang khusus yang terbuat dari logam dan penutup loyang yang terbuat dari tanah liat, dalam bahasa Mandar disebut talongnge'. Duh, membayangkannya saja saya sudah merasa sesak duluan, mengingat kita harus bergumul dengan asap dari pembakaran sabut kelapa. Ampun!

Ini nih salah satu kekurangan hidup di zaman serba modern, karena sudah terbiasa dengan oven, jadinya nyerah duluan ketika berhadapan dengan oven tradisional. Padahal ada beberapa kue yang memang harus dipanggang secara tradisional agar mendapatkan cita rasa yang benar-benar lezat, salah satunya ya Roti Kanari ini.


Hhhmmm...., saya malah jadi penasaran, seperti apa jadinya Roti Kanari bila dipanggang dalam oven? Suatu saat bila masih diberi umur panjang dan kesehatan, saya akan mencoba membuat Roti Kanari yang dipanggang dengan oven tangkring. ??

Salam,
Dapur Ima

0 Response to "Roti Kanari (Kenari)"

Post a Comment