loading...

Loka Sari Mandar


Di rumah lagi banyak Pisang Raja yang dibawa oleh Tante Pipa dari Samasundu. Pisang Raja adalah pisang kesukaan saya karena memiliki aroma yang wangi dan menggugah selera. Sayangnya Pisang Raja tidak cocok untuk dijadikan tambahan kue bolu maupun roti karena warnanya yang mudah menghitam ketika terkena udara.

Nah, kemarin Mama mengolah Pisang Raja tersebut menjadi Loka Sari. Hhhmmmm...., ada tambahan bahan untuk ngeblog nih. Jadi, setelah Loka Sarinya matang, saya jeprat-jepret deh si Loka Sari itu agar bisa ditampilkan di Dapur Ima, heheheh.


Loka Sari ini merupakan salah satu makanan khas Mandar yang mungkin ada pula di tempat lain dengan nama yang berbeda. Bahannya sangat sederhana, yaitu pisang (Pisang Kepok atau Pisang Raja), santan, gula pasir dan sedikit garam. Loka Sari ini mirip sama Kolak, bedanya Kolak menggunakan gula merah/gula aren bukan gula pasir.

Meskipun termasuk makanan pantang karena mengandung santan yang cukup banyak, saya tak kuasa menahan diri untuk mencobanya. Sudah pada tahu kan apa yang terjadi kemudian? Iya, perutku terasa sedikit nyeri dan padat lagi. Huffttt..., gimana mau sembuh nih kalo bandel begini? Habisnya menggoda sih Loka Sarinya dan saya pun sudah lama tidak merasakan kedahsyatan rasanya. Jadi khilaf deh, heheheh.


Oh iya, waktu mau jeprat-jepret, saya tidak menemukan piring berukuran sedang untuk wadah Loka Sari, pada kotor semua dan saya lagi malas cuci piring maupun mencari piring dalam lemari. Ya sudah, saya pakai piring kecil aja. Jadi harap maklum bila fotonya kurang menarik, heheheh.

Demikian tulisan saya kali ini. Semoga menambah informasi mengenai ragam makanan khas Mandar dan semoga bermanfaat. ??????

Eitsss, masih ada satu lagi. Kemarin kak Abid kembali menyempurnakan tampilan web Dapur Ima. Terimakasih banyak atas bantuan kakak. Ada tambahan gadget visitor dan Blog Favorit. Udah bisa ditebak kan blognya siapa yang terpajang di sana? Benar banget. Siapa lagi kalau bukan blognya mba Monic tersayang. ??????

Sekali lagi terimakasih banyak buat kak Abid atas bantuannya. Sehat, sukses dan bahagia selalu buat kakak. Aamiin.

0 Response to "Loka Sari Mandar"

Post a Comment